Contoh RPP K-13 Kelas 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Sekolah :
SMP Negeri I Karangmojo
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/ 1
Materi
Pokok : Manusia, tempat,
dan lingkungan
Alokasi
Waktu :
2 Pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
3.1.Memahami
konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis,
flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek
ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1.
Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang
Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.
|
3.1.1.1
Menjelaskan pengertian konsep ruang
3.1.1.2
Menjelaskan pengertian konsep interaksi antar ruang
3.1.1.3
Menjelaskan penyebab dan akibat interaksi antar ruang di Indonesia
4..1.2.1
Mempresentasikan hasil diskusi tentang interaksi antar ruang
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian
konsep ruang dengan benar;
2.
menjelaskan pengertian
interaksi antarruang dengan benar;
3.
menyebutkan contoh interaksi
keruangan antar wilayah di Indonesia
dengan tepat;
4.
menyebutkan contoh interaksi
keruangan yang terjadi di wilayahnya
secara kontektual;
5.
menjelaskan kondisi saling
bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang secara bertanggung jawab;
6.
menyebutkan contoh kondisi
saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang secara kritis;
PENGUATAN KARAKTER
Sikap Spritual : Toleransi pada
agama yang berbeda.
Sikap Sosial : Jujur, disiplin, kerjasama, peduli, toleransi, percayadiri
D. Materi
Pembelajaran
§ konsep ruang
§ Pengertian interaksi antar ruang
§ Contoh – contoh
interaksi keruangan antar
wilayah di Indonesia
§ contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya
§ kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya
interaksi antar ruang
§ contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk
terjadinya interaksi antar ruang
2.
Materi
Remedial
§ contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya
§ kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya
interaksi antar ruang
§ contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk
terjadinya interaksi antar ruang
3.
MateriPengayaan
·
Interaksi antar wilayah yang dapat
dilakukan oleh masyarakat di sekitarnya
·
Syarat terjadinya interaksi antar
wilayah
D.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Saintifik discovery leraning dan PBL
E. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Bagan
tentang lokasi ( ruang ) Indonesia (IPS
kelas VII 2016 hal 3-7)
2. Alat
dan Bahan:
a. LCD
Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber
Pembelajaran:
a.
KEMENDIKBUD. 2016. Ilmu
Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 1-7)
F.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1. Pertemuan
Kesatu
a. Pendahuluan
(10’)
1) Guru
memberi salam.
2) Guru
mengecek kehadiran siswa.
3) Guru
menanyakan tentag materi pembelajaran yang berkaitan dengan ruang dan ineraksi
antar ruang, misalnya sarapan apa kalian hari ini? Makanan tersebut dibuat dari
bahan apa? Dari mana bahan tersebut di buat? Bagaimana sampai di temapt kalian?
4)
Peserta didik menerima
informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian,
dan teknik
penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan inti (60’)
(1)
Mengamati
(Stimulasi/pemberian rangsangan)
·
Peserta didik mengamati gambar tentang
bentuk-bentuk interaksi antarruang, misalnya orang sedang pergi berbelanja ke
kota, kendaraan pengangkut sayuran, kapal pembawa bahan tambang dan lain-lain.
·
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap
gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui.
·
Peserta didik diajak untuk menyeleksi
apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
·
Guru menuliskan hal-hal yang ingin
diketahui peserta didik di depan kelas.
·
Apabila hal-hal yang ingin diketahui
dari hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan
pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan
pembelajaran.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik diminta
membentuk kelompok dengan anggota 4 – 5 siswa.
·
Peserta didik mendiskusikan
dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin
diketahui dari hasil pengamatan, Contoh: Apa yang dimaksud dengan ruang?
Mengapa terjadi perbedaan karakteristik antarruang? Mengapa terjadi interaksi
antarruang? Seperti apa bentuk interaksi antarruang di Indonesia?
·
Salah satu di antara peserta
didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
·
Peserta didik mendiskusikan
dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.
(3) Pengumpulan Data/informasi
·
Dengan berdiskusi peserta
didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan dari berbagai sumber, seperti
membaca buku siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet Ilmu
Pengetahuan Sosial
·
Peserta didik mengumpulkan
informasi tentang bentuk interaksi antarruang di Indonesia. Contoh nyata
interaksi antaruang dapat berupa perdagangan antar wilayah, migrasi penduduk,
transmigrasi, dan sebagainya. Data dapat bersumber dari buku, koran, majalah,
internet yang menunjukkan adanya interaksi antar ruang di Indonesia.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Dalam Kegiatan ini peserta
didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam
kelompok).
·
Peserta didik juga diminta
mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas
pertanyaan yang telah dirumuskan.
(5) Mengomunikasikan
·
Peserta didik dalam kelompok
diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah
dirumuskan Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok
yang dipresentasikan
·
Peserta didik bersama guru
mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan
c. Kegiatan Penutup (10’)
·
Peserta didik diberi
kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
·
Guru memberikan penjelasan
atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
·
Peserta didik diminta
melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan
materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
·
Peserta didik diberi pesan
tentang nilai dan moral.
·
Peserta diingatkan untuk
menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan
yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
·
Peserta didik diberi tugas
untuk mengumpulkan informasi tentang bentuk interaksi antar ruang di wilayahnya
amsing-masing. Pedoman untuk melakukan tugas tersebut ada pada buku siswa.
H.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
Tes tertulis dalam bentuk
Uraian
c. Keterampilan
Kinerja
2. Instrumen
penilaian
a. Sikap
lembar
observasi dalam bentuk jurnal (terlampir)
b. Pengetahuan
Daftar
pertanyaan (terlampir)
c.
Keterampilan
Lembar penilaian kinerja
(terlampir)
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Mencari artikel
di majalah,
surat kabar, dan internet terkait dengan akibat interaksi
antar ruang di Indonesia.
4.
Pembelajaran
Remedial
Kegiatan
pembelajaran remedial dengan
pemanfaatan tutor sebaya
melalui belajar kelompok
untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru terkait materi penyebab
interaksi antarruang di Indonesia.
Karangmojo , 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Suhartati,
M.Pd Sulino, M.Pd
NIP.
197009101997022002 NIP. 197006241998021001
Lampiran
1.
Penilaian
perkembangan sikap Spiritual dan Sosial siswa dalam bentuk Jurnal
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah :
SMP Negeri I Karangmojo
Kelas/Semester :
VII/Semester 1
Tahun Pelajaran :
2017/2018
N0
|
WAKTU
|
NAMA SISWA
|
CATATAN
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
KETERANGAN
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a. Kisi – Kisi Soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, logis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
Pengertian konsep ruang
·
Pengertian
interaksi antarruang.
|
·
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian konsep ruang
·
Peserta
didik dapat mengidentifikasi interaksi antarruang
·
Peserta
didik dapat menyebutkan penyebab interaksi antarruang
·
Peserta
didik dapat menyebutkan dampak interaksi antar ruang
·
Peserta
didik dapat menjelaskan pengaruh interaksi antarruang di Indonesia
|
Uraian
|
1
1
1
1
1
|
b. Daftar Pertanyaan
1)
Jelaskan pengertian
konsep
ruang ?
2)
Jelaskan
bagaimana kondisi interaksi antarruang di Indonesia?
3)
Apa penyebab
terjadinya interaksi antarruang di
Indonesia?
4)
Sebutkan dampak
interaksi antar ruang?
5)
Jelaskan
Pengaruh interaksi
antarruang di Indonesia?
c. Kunci Jawaban
1)
Ruang adalah tempat di permukaan bumi,
baik secara keseluruhan maupun sebagian yang digunakan pleh mahkluk hidup untuk
tinggal.
2)
Kondisi interaksi antar ruang di
Indonesia terjadi dengan tiga cara yaitu:
a) Saling
melengkapi yaitu wilayah yang berbeda komoditasnya saling berinteraksi untuk
memenuhi kebutuhan
b) Kesempatan
antara yaitu daerah yang bisa menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat
asal maupun tempat tujuan komoditas
c) Kemudahan
transfer yaitu kemudahan dalam pengiriman komoditas dari satu daerah ke daerah
lain.
3)
Penyebab terjadinya interaksi antarruang
antara lain:
a)
Perbedaan komoditas
b)
Perbedaan teknologi
c)
Perbedaan jumlah penduduk
d) Perbedaan
lapangan kerja
e)
Perbedaan fasilitas
f)
Perbedaan keadaan alam
4)
Dampaak interaksi antar ruang antara
lain:
a)
Terjadninya mobilitas penduduk
b)
Terjadinya mobilitas tenaga kerja
c)
Terjadinya mobilitas barang dan jasa
d) Terjadinya
mobilitas informasi
e)
Terjadinya mobilitas teknologi
f)
Terpenuhinya kebutuhan masyarakat
5)
Pengaruh interaksi
antarruang di Indonesia
a)
Pola hidup masyarakat berkembang
b)
Perkembangan teknologi dan informasi
c)
Kemajuan dan kemakmuran masyarakat
d.
Pedoman
Penskoran
Masing- masing soal memiliki bobot
nilai 20 jadi scor 20 X 5 = 100
3.
Penilaian Keterampilan
Kisi-kisi penilaian Kinerja Membuat Peta Geologi
Wilayah Indonesia
Nama :
SMP Negeri I Karangmojo
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
N0
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,
bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek
ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
Pengertian konsep ruang
·
Pengertian
interaksi antarruang.
|
Peserta Didik dapat mempresentasikan karakteristik ruang dan interaksi antar
ruang di Indonesia
|
Kinerja
|
Tugas
a. Buatlah bahan
presentasi tentang karakteristik ruang dan interaksi antarruang di Indonesia
b. Ikuti langkah-langka membuat berikut!
1)
Tentukan wilayah
provinsi di Indonesia yang akan diidentifikasi .
2)
Carilah data tentang
provinsi yang di identifikasi berdasarkan kondisi alam, karakteristik penduduk
dan potensi wilayahnya
3)
Lengkapi data dengan
gambar dan bukti fisik lainnya
c.
sumber dan Bahan
1. Kertas
folio
2. bolpoint
3. Pensil
4. Buku
paket, internet dan sumber lain yang relevan
Rubrik Penskoran
Penilaian Kinerja (Prosess)
N0
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menyiapkan Bahan dan sumber yang diperlukan dalam membuat presentasi interaksi ruang dan antar ruang di
Indonesia
|
|
|
|
|
|
2
|
Kelengkapan komponen karakteristik
sumber daya alam, penduduk dan potensi utama wilayah
|
|
|
|
|
|
3
|
Kejelasan presentasi
|
|
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian materi
|
|
|
|
|
|
5
|
Pemanfaatan waktu
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
20
|
Skor nilaiyang diperoleh
Skor Maksimum
|
X 100
|
Penilaian untuk kegiatan diskusi .
NO
|
Nama
|
Mengkomunikasikan
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Berargumentasi
(1-4)
|
Presentasi
(1-4)
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah skor dibagi 3
Keterangan :
a.
Berdiskusi
: Mengacu pada ketrampilan mengolah fakta dan
menalar (associating) yakni
membandingkan fakta yang telah diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga
dapat ditarik kesimpulan dan atau ditemukannya sebuah prinsip penting.
Ketrampilan berdiskusi meliputi ketrampilan mengkomunikasikan (communication
Skill), mendengarkan (listening skill),
ketrampilan berargumentasi (arguing skill)
,dan ketrampilan berkontribusi (contributing
skill).
b.
Ketrampilan
mengkomunikasikan adalah kemampuan peserta didik
untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang
efektif.
c.
Ketrampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan peserta
didik untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang
ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
d.
Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan peserta
didik dalam mengemukakan argumentasi logis (tanpa fallacy atau sesat pikir) ketika ada pihak yang bertanya atau
mempertanyakan gagasannya.
e. Presentasi menunjukan pada
kemampuan peserta didik untuk menyajikan
hasil temuannya mulai dari kegiatan mengamati, menanya, uji coba (mencoba), dan
mengasosiasi sampai pada kesimpulan. Presentasi terdiri atas 3 aspek penilaian
yakni ketrampilan menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon atau memberi
tanggapan.
Skor terentang antara 1
– 4
1
= kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Amat Baik
4.
Penilaian Pengayaan
Kisi-kisi Penilaian artikel
Potensi kondisi geologi Indonesia
KD
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
penilaian
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, logis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
Pengertian konsep ruang
·
Pengertian
interaksi antarruang.
|
·
Peserta
didik dapat membuat artikel tentag dampak interaksi antarruang di Indonesia
|
penugasan
|
Tugas
Carilah artikel dimajalah, surat kabar, dan
internet terkait dampak interaksi antar
ruang di Indonesia!
Penilaian
Pembuatan Artikel
No
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek
yang dinilai dan rentang nilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1
2
|
|
|
|
|
|
20
|
|
Aspek yang dinilai
:
1.
Ketepatan pengumpulan 5
2.
Kesesuaian materi 5
3.
Kemampuan mencari sumber 5
4.
Kerapihan 5
20
Jumlah skor 20 X
5 = 100
Keterangan:
a.
Ketepatan
menunjukkan
pada kemampuan peserta didik untuk mengumpulkan hasil kerja dengan tepat waktu
sesuai yang ditetapkan guru
b.
Kesesuaian
Materi
Berkaitan dengan kemampuan peserta didik untuk mencari
artikel sesuai dengan materi yang diberikan
c.
Kemampuan
mencari sumber
Kemampuan peserta didik untuk mencari berbagai sumber
untuk mengerjakan tugas yang diberikan
d.
Kerapihan
Menunjukkan kemampuan peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan dengan kerapian
Skor terentang antara 1
– 5
1
= Sangat kurang
2
= Kurang
3
= Cukup
4
= Baik
5 = Amat Baik
5.
Penilaian Remidi
KD
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
penilaian
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, logis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
Pengertian konsep ruang
·
Pengertian
interaksi antarruang.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab
terjadinya interaksi antar ruang di Indonesia
|
penugasan
|
Tugas
Buatlah
ringkasan dari sumber terpercaya baik buku maupun internet, tentang penyebab
terjadinya interaksi antarruang di Indonesia!
Penilaian
Pembuatan Artikel
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai dan rentang nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1
2
|
|
|
|
|
|
20
|
|
Aspek yang dinilai
:
6.
Ketepatan pengumpulan 5
7.
Kesesuaian materi 5
8.
Kemampuan mencari sumber 5
9.
Kerapihan 5
20
Jumlah skor 20 X
5 = 100
Keterangan:
a.
Ketepatan
menunjukkan
pada kemampuan peserta didik untuk mengumpulkan hasil kerja dengan tepat waktu
sesuai yang ditetapkan guru
b.
Kesesuaian
Materi
Berkaitan dengan kemampuan peserta didik untuk mencari
artikel sesuai dengan materi yang diberikan
c.
Kemampuan
mencari sumber
Kemampuan peserta didik untuk mencari berbagai sumber
untuk mengerjakan tugas yang diberikan
d.
Kerapihan
Menunjukkan kemampuan peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan dengan kerapian
Skor terentang antara 1
– 5
1 = Sangat kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Amat Baik
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
Petunjuk
1.
Tentukan Ketua kelompok
2.
Baca petunjuk dan penjelasan dengan cermat.
mengamati
Perhatikan
tayangan Video konektivitas antar ruang di Indonesia dengan
penuh perhatian.
Penjelasan
Video tersebut
menggambarkan keadaan alam, penduduk dan
potensi suatu daerah.
Tuliskan hal-hal yang ingin diketahui atau
masalah-masalah yang relevan dengan penayangan video yang ada terkait dengan tujuan pembelajaran. Contoh: karakteristik ruang,
perbedaan karakteristik antar ruang, terjadinya interaksi antar ruang, bentuk
interaksi antar ruang
Jawab:
…………………………………………………….
Kegiatan
menanya
Rumuskan
permasalahan-permasalahan dari
pengamatan video akibat negative kondisi geologi
Indonesia dalam bentuk pertanyaan.
Contoh: Apa yang
dimaksud dengan ruang? Mengapa terjadi perbedaan karakteristik antarruang?
Mengapa terjadi interaksi antarruang? Seperti apa bentuk interaksi antarruang
di Indonesia?
Jawab
………………………………………………………
Kegiatan
Menggumpulkan Data
Kumpulkan informasi/data dengan mencari sumber bacaan di
perpustakaan dan brosing internet dengan alamat
untuk menjawab
masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kertas folio
yang sudah disediakan.
Kegiatan
Pengolah Data
Olah data dari informasi yang telah
diperoleh para peserta didik baik melalui membaca buku di perpustakaan dan brosing internet.
Kegiatan
mengkomunikasikan
lakukan preentasi secara cermat untuk menjelaskan
interaksi antar ruang di Indonesia di depan kelas.
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A. Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen
ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.
B. Petunjuk
Pengisian
1. Berdasarkan
perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri
dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan
perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING melakukan
perilaku yang dinyatakan
2= apabila KADANG-KADANG melakukan
perilaku
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku
yang dinyatakan
2. Kolom
SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
No
|
Pernyataan
|
Skore
|
Perolehan Skore
|
Skore Akhir
|
Tuntas/Tidak Tuntas
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
1
|
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan keunggulan lokasi Indonesia melalui do’a
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Bersemangat
dalam mengikuti proses pembelajaran keunggulan lokasi geostrategis
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Komentar