RPP KEALS 7.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Sekolah : SMP Negeri I Karangmojo
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/ 1
Materi Pokok : Manusia, tempat, dan lingkungan
Alokasi
Waktu :
2 Pertemuan ( 4 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI.1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli ( toleransi,
Gotomg-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI.4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
KD 3.1. Memahami konsep ruang
(lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk
muka bumi, geologis,
fora dan fauna)
dan interaksi antarruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya dan pendidikan.
|
3.1.1.
Menjelaskan letak
Astronomis Indonesia
3.1.2.
Menjelaskan letak Indonesia diantara wilayah-wilayah
sekitar
3.1.3.
Membandingkan luas
wilayah Indonesia dengan luas wilayah negara sekitar
3.1.4.
Menjelaskan pengaruh
lokasi Indonesia terhadap kehidupan penduduk dalam aspek ekonomi, sosial,
budaya dan pendidikan.
|
KD 4.1. Menyajikan hasil telaah
konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka
bumi, geologis, fora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya
dan pendidikan.
|
4.1.1.
Mempresentasikan hasil telaah pengaruh lokasi terhadap
kehidupan penduduk dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan
4.1.2.
Memperbesarpetapersebaransumberdayaalam
di Indonesia.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat:
1.
menunjukkan unsur-unsur atau
komponen peta;
2.
menyebutkan letak Indonesia
secara astronomis;
3.
menyebutkan letak Indonesia
secara geografis;
4.
menjelaskan implikasi letak
Indonesia terhadap aspek ekonomi;
5.
menjelaskan implikasi letak
Indonesia secara sosial dan budaya;
6.
menjelaskan implikasi letak
Indonesia secara geologis;
FOKUS PENGUATAN KARAKTER
Sikap Spritual : Toleransi
pada agama yang berbeda.
Sikap Sosial : Jujur,
disiplin, kerjasama, peduli, toleransi, percayadiri
D. Materi
Pembelajaran
a. Letakastronomis
Indonesia
b.
Letak geografis Indonesia
c.
Luas wilayah Indonsia dan luas wilayah
negara-negara sekitar
d. Pengaruh
lokasi Indonesia terhadap kehidupan penduduk dalam aspek ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.
2.
Materi
Remedial
a.
Pengaruh lokasi Indonesia terhadap
kehidupan penduduk dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
3. MateriPengayaan
a.
Batas wilayah Indonesia dan pengaruhnya
bagi kehidupan penduduk Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan
pendidikan.
b.
Upaya untuk menjaga daerah
perbatasan
D.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Saintifik discovery leraning dan PBL
E. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: Peta
a. Bagan
tentang lokasi ( ruang ) Indonesia (IPS
kelas VII 2016 hal 3-7)
2. Alat
dan Bahan:
a. LCD
Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber
Pembelajaran:
a.
KEMENDIKBUD. 2016. Ilmu
Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 7-22)
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1. Pertemuan
Kesatu
a. Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru
menyampaikan salam dan berdoa.
·
Peserta didik bersama guru
mengondisikan kelas.
·
Guru memberi motivasi kepada
peserta didik.
·
Guru menanyakan tentang
materi pembelajaran berkaitan dengan Peta dan fungsinya, misalnya pernahkah
kalian menggunakan peta? Apa yang dilakukan orang jika akan menuju tempat yang
belum diketahui? Dan seterusnya.
·
Peserta didik menerima
informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
b.
Kegiatan inti
(1)
Mengamati
(Stimulasi/pemberian rangsangan)
·
Peserta didik mengamati
peta, misalnya peta Indonesia yang telah memenuhi syarat peta yang baik
·
Berdasarkan hasil pengamatan
terhadap peta, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk
mengidentifikasi komponen-komponen pada peta.
·
Peserta didik menuliskan
nama-nama komponen pada peta dan fungsinya.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik diminta
membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
·
Peserta didik mendiskusikan
dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin
diketahui dari hasil pengamatan Contoh : Komponen apa saja yang ada pada peta?
Apa fungsi dari masing-masing komponen kelengkapan peta?
·
Salah satu di antara peserta
didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis
·
Peserta didik mendiskusikan
dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui
(3) Pengumpulan Data/informasi
·
Dengan berdiskusi peserta
didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan dari berbagai sumber, seperti : membaca Buku Siswa, serta referensi
lain yang relevan, termasuk internet.
·
Peserta didik menuliskan
hasil pengumpulan informasi pada buku catatannya masing-masing.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik menentukan
lokasi koordinat pada suatu peta
·
Peserta didik menentukan
luas suatu area pada peta
·
Peserta didik menentukan
arah dari suatu titik asal ke titik tujuan
·
Peserta didik menentukan
jarak dari suatu titik asal ke titik tujuan
·
Peserta didik menentukan
jenis objek yang ada pada peta
(5) Mengomunikasikan
·
Peserta didik dalam kelompok
diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·
Kelompok lain diminta
memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan
·
Peserta didik bersama guru
mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan
c. Kegiatan Penutup
·
Peserta didik diberi
kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
·
Guru memberikan penjelasan
atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
·
Peserta didik diminta
melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan
materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
2. Pertemuan
Kedua
a.
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru
menyampaikan salam dan berdoa.
·
Peserta didik bersama guru
mengondisikan kelas.
·
Guru memberi motivasi kepada
peserta didik.
·
Guru mengajukan pertanyaan
terkait letak dan luas Indonesia, misalnya mengapa Indonesia selalu disinari
matahari? Dimanakah letak Indonesia? Negara-negara manakah yang berbatasan
dengan Indonesia?
·
Peserta didik menerima
informasi tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan berupa diskusi.
·
Guru
menyiapkan kegiatan pembelajaran.
b.
Kegiatan
inti
(1)
Mengamati
(Stimulasi/pemberian rangsangan)
·
Peserta didik mengamati peta
Indonesia diantara negara-negara lainnya di dunia.
·
Peserta didik mencermati
lokasi Indonesia secara astronomis
·
Peserta didik memperhatikan
batas wilayah Indonesia
·
Peserta
didik diminta mencatat hasil pengematannya
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik mengajukan
sejumlah pertanyaan terkait aktivitas pengamatan terhadap peta, misalnya apakah
letak Indonesia strategis, apa implikasi letak Indonesia terhadap kehidupan
masyarakat Indonesia dan lain-lain.
·
Guru ikut mengarahkan atau
membimbing peserta didik agar pertanyaan yang diajukan tidak keluar dari tujuan
pembelajaran.
(3) Pengumpulan Data/informasi
·
Dengan berdiskusi peserta
didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca Buku Siswa, serta referensi
lain yang relevan, termasuk internet
·
Peserta didik mengumpulkan
informasi tentang lokasi dan luas Indonesia serta implikasinya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan aspek fisikal. Data dapat bersumber dari
buku, koran, majalah, internet yang menunjukkan adanya interaksi antar ruang di
Indonesia.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik diminta
menganalisis berbagai implikasi dari letak Indonesia terhadap kehidupan
ekonomi, sosial budaya, dan aspek fisik wilayah Indonesia terutama iklim dan
geologi.
·
Peserta didik diminta untuk
mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas
pertanyaan yang telah dirumuskan.
·
Peserta didik merumuskan
hasil analisisnya menjadi suatu ringkasan atau kesimpulan.
(5) Mengomunikasikan
·
Peserta didik menyampaikan
hasil pengolahan dan asosiasi datanya di depan kelompok lainnya.
·
Kelompok lain diminta
memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan
·
Peserta didik bersama guru
mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini
c.
Kegiatan Penutup
·
Peserta didik diberi
kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
·
Guru memberikan penjelasan
atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik mengenai hal-hal yang belum
dipahami
·
Peserta didik diminta
melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan
materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
·
Peserta didik diberi pesan
tentang nilai dan moral
·
Peserta diingatkan untuk
menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan
yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
·
Peserta didik diminta
mengerjakan tugas berupa aktivitas individu seperti yang ada dalam buku siswa
H.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
Tes tertulis dalam bentuk
Uraian
c. Keterampilan
Kinerja
2. Instrumen
penilaian
a. Sikap
lembar
observasi dalam bentuk jurnal (terlampir)
b. Pengetahuan
Daftar pertanyaan (terlampir)
c.
Keterampilan
Lembar penilaian kinerja
(terlampir)
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Mencari artikel
di majalah,
surat kabar, dan internet terkait dengan Peta Wilayah
Indonesia.
4.
Pembelajaran
Remedial
Kegiatan
pembelajaran remedial dengan
pemanfaatan tutor sebaya
melalui belajar kelompok
untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru terkait materi syarat
pembuatan Peta.
Karangmojo , 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
Suhartati, M.Pd Sulino, M.Pd
NIP.
197009101997022002 NIP. 197006241998021001
Komentar
Find the best prices for Harrah's Casino and other Casino restaurants in 아산 출장샵 Las 사천 출장샵 Vegas. MapyRO offers 전라북도 출장샵 real-time driving 1xbet korean directions, 하남 출장샵